Sabtu, 06 Oktober 2012

Virtual Memory dan Distribusi Memori pada Mac OS X

Distribusi atau manajemen memori merupakan salah satu bagian terpenting dalam sistem operasi. Karena adanya keterbatasan memori, diperlukan suatu strategi dalam menangani masalah ini. Jalan keluarnya adalah dengan menggunakan memori virtual. Dengan memori virtual, memori tampak lebih besar daripada ukuran yang sebenarnya.
Berikut beberapa keuntungan dan hal yang bisa kita dapat melalui memori virtual ini,
  1. Sistem operasi membuat memori terlihat lebih besar daripada ukuran memori sebenarnya. Memori virtual bisa beberapa kali lebih besar daripada memori fisiknya.
  2. Manajemen memori membuat pembagian yang adil dalam pengalokasian memori antara proses-proses.
  3. Memori manajemen menjamin setiap proses dalam sistem terlindung dari proses-proses lainnya. Dengan demikian, program yang crash tidak akan mempengaruhi proses lain dalam sistem tersebut.
  4. Memori virtual mengizinkan dua buah proses berbagi memori diantara keduanya, contohnya dalam shared library. Kode library dapat berada di satu tempat, dan tidak dikopi pada dua program yang berbeda.
  5. Ruang logical address dapat lebih besar daripada ruang physical address.
  6. Proses yang dieksekusi tidak harus seluruhnya berada di memori.

Gambar tersebut menunjukkan ruang sebuah memori virtual yang dibagi menjadi bagian-bagian yang sama dan diidentifikasikan dengan nomor virtual pages. Memori fisik dibagi menjadi page frames yang berukuran sama dan diidentifikasikan dengan nomor page frames. Bingkai (frame) menyimpan data dari halaman. Atau memori virtual memetakan nomor virtual pages ke nomor page framesMapping (pemetaan) menyebabkan halaman virtual hanya dapat mempunyai satu lokasi alamat fisik.

Pada sistem paging, jika sebuah ruang diperlukan untuk proses dan halaman yang bersangkutan tidak sedang digunakan, maka halaman dari proses akan mengalami paged out (disimpan ke dalam disk) atau swap out, memori akan kosong untuk halaman aktif yang lain. Halaman yang dipindah dari disk ke memori ketika diperlukan dinamakan paged in (dikembalikan ke memori) atau swap in. Ketika sebuah item dapat mengalami paging, maka item tersebut termasuk dalam item yang menempati ruang virtual, yang diakses dengan alamat virtual dan ruangan yang ada dialokasikan untuk informasi pemetaan. Sistem operasi mengalokasikan alamat dari item tersebut hanya ketika item tersebut mengalami paging in
Berikut keuntungan yang diperoleh dari penyimpanan hanya sebagian program saja pada memori fisik adalah:  
  • Lalu lintas proses I/O yang dibutuhkan menjadi lebih rendah.
  • Ruang menjadi lebih leluasa karena berkurangnya memori fisik yang digunakan.
  • Meningkatnya respon karena menurunnya beban I/O dan memori.
  • Ruang memori yang masih tersedia luas memungkinkan komputer untuk menerima lebih banyak permintaan dari pengguna.
Teknik memori virtual akan memudahkan pekerjaan seorang programmer ketika besar data dan programnya melampaui kapasitas memori utama. Sebuah multiprogramming dapat mengimplementasikan teknik memori virtual sehingga sistem multiprogramming menjadi lebih efisien. Contohnya: 10 program dengan ukuran 2 MB dapat berjalan di memori berkapasitas 4 MB. Tiap program dialokasikan 256 Kbyte dan bagian - bagian proses (swap in) masuk ke dalam memori fisik begitu diperlukan dan akan keluar (swap out) jika sedang tidak diperlukan.
Prinsip dari memori virtual adalah bahwa "Kecepatan maksimum ekseskusi proses di memori virtual dapat sama, tetapi tidak akan pernah melampaui kecepatan eksekusi proses yang sama di sistem yang tidak menggunakan memori virtual".
Monitoring Distribusi Memori pada Mac OS X

Mac os x memiliki manajemen memori yang sangat efisien. Sistem operasi Mac secara otomatis akan  mengalokasikan memori dan menyesuaikan isi memori dengan kebutuhan
Cara melihat ataupun  memonitoring manajemen memory yang ada di dalam Mac OS X dapat dilakukan dengan cara  memilih (Applications > Utilities > Activity Monitor>system Memory)

Empat jenis memori muncul dalam diagram pie (lingkaran) pada jendela memori sistem ini, yaitu Free Wired, Active, dan Inactive. Jumlah irisan grafik pie empat sama dengan jumlah total random-access memory (RAM) yang diinstal pada komputer anda.
Berikut ini adalah penjelasan dari komponen system memory.
Free memori
Adalah jumlah memori RAM yang sedang tidak digunakan

Wired memori
Informasi dalam memori ini tidak dapat dipindahkan ke dalam harddisk,sehingga harus tetap di RAM. Jumlah wired memori tergantung pada aplikasi yang digunakan/dijalankan.

Active memory
Informasi ini sedang dalam memori baik yg sudah ataupun baru saja digunakan.

Inactive Memory
Informasi ini berisi memori yang sedang tidak aktif digunakan, namun baru saja digunakan. Misalnya, jika  kita telah menggunakan Mail dan kemudian itu berhenti, RAM yang menggunakan Mail adalah ditandai sebagai memori aktif. Memori ini aktif tersedia untuk digunakan oleh aplikasi lain, seperti free memory. Namun, jika kita membuka Mail sebelum memori aktif yang digunakan oleh aplikasi yang berbeda, Mail akan membuka lebih cepat karena memori tidak aktif dikonversi ke memori aktif.

Used Memory
Adalah jumlah total memori yang digunakan.

VM SIZE
Adalah jumlah total dari Memori Virtual untuk semua proses pada Mac.

Page in / Page out
Hal ini mengacu pada jumlah informasi dipindahkan antara RAM dan harddisk. Nomor ini adalah jumlah kumulatif data bahwa Mac OS X telah pindah antara RAM dan ruang disk.
Tips: Halaman output terjadi ketika Mac Anda harus menulis informasi dari RAM ke hard drive (karena RAM sudah penuh). Menambahkan RAM lebih dapat mengurangi output halaman.

Swap Used
Adalah jumlah informasi yang disalin ke file swap pada hard drive Anda.

  • Organisasi Memori di Mac OS
a   Ketika Sistem Operasi Macintosh dijalankan, RAM yang tersedia dibagi menjadi dua bagian yang luas. Sebuah cadangan untuk Mac tersebut atau partisi memori yang dikenal sebagai sistem partisi. Partisi sistem selalu dimulai pada byte addressable memori terendah (Alamat memori 0) dan memanjang ke atas.
      
    Semua memori luar partisi sistem tersedia untuk alokasi aplikasi atau komponen perangkat lunak lainnya. Dalam versi 7.0 (ketika MultiFinder berjalan dalam versi OS 5.0 dan 6.0), pengguna dapat memiliki beberapa aplikasi terbuka sekaligus. Ketika aplikasi diluncurkan, mengoperasikan sistem memberikan sebuah bagian dari memori yang dikenal sebagai aplikasi partisi. Secara umum, sebuah
aplikasi hanya menggunakan memori yang terkandung dalam aplikasi partisi sendiri.
System Heap
Bagian utama dari partisi sistem adalah daerah memori yang dikenal sebagai tumpukan sistem. 
Umumnya, tumpukan sistem dicadangkan untuk penggunaan eksklusif oleh Sistem Operasi 
dan lainnya oleh komponen sistem perangkat lunak, berbagai item yang memuat ke dalamnya seperti 
sistem sumber daya, sistem segmen kode, dan struktur sistem data. Semua sistem buffer dan antrian,
Misalnya, dialokasikan dalam tumpukan sistem. Driver hardware (disimpan sebagai 
sumber kode tipe 'DRVR') yang dimuat ke dalam tumpukan sistem ketika driver dibuka.

System Global Variables
Bagian terendah dari memori ditempati oleh kumpulan variabel global yang disebut sistem
variabel global. Sistem Operasi menggunakan variabel-variabel ini untuk menjaga berbagai
jenis informasi. Misalnya, variabel global ApplZone berisi alamat dari byte pertama dari
aplikasi yang aktif dipartisi. Variabel global ApplLimit berisi alamat dari byte terakhir 
heap aplikasi yang aktif bisa diperluas untuk mencakup. CurrentA5 berisi alamat dari 
batas antara aplikasi yang aktif yang variabel global dan parameter penerapannya. 
Karena variabel global mengandung informasi tentang aplikasi yang aktif, Sistem Operasi 
perubahan nilai-nilai variabel-variabel ini setiap kali terjadi context switch. Biasanya, 
ketika nilai variabel rendah memori global kemungkinan akan berguna untuk aplikasi, 
sistem perangkat lunak menyediakan rutinitas yang digunakan untuk membaca atau menulis data.

Melihat Penggunaan Memori


  1. Buka Terminal (terletak di / Applications / Utilities /). 
  2. Ketik: top
  3. Tekan Kembali untuk membuka utilitas teratas di jendela Terminal. Dua baris di dekat bagian                                                           atas jendela, "PhysMem:" dan "VM:" mengindikasikan RAM keseluruhan fisik dan penggunaan memori virtual, masing-masing.Dua kolom di sebelah kanan, "rsize" dan "VSIZE" menawarkan informasi penggunaan memori per aplikasi. Rsize menunjukkan jumlah RAM fisik yang digunakan oleh aplikasi atau proses, dalam megabytes ("M") atau kilobyte ("K"). VSIZE menunjukkan jumlah memori virtual Mac OS X telah ditetapkan untuk proses atau aplikasi, dalam megabytes ("M") atau gigabyte ("G"). 
  4. Ketika Anda selesai meninjau informasi, tekan tombol Q untuk keluar atas.

Notes.

  • Aplikasi dan Proses namanya tercantum dalam kolom "PERINTAH". 
  • Adalah normal untuk beberapa proses untuk menggunakan RAM sangat sedikit, seperti   64K. 
  • Tidak semua aplikasi mungkin memiliki nama mudah-dikenali di jendela Terminal.
  • Seperti Viewer Proses, aplikasi klasik tidak muncul secara individual di jendela Listing Proses. 
  • Top sendiri terdaftar karena merupakan aplikasi yang terbuka. Ini adalah normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar